Thursday 22 December 2016

Peracik Bom Asal NTT, Yang Menjadi Pahlawan Nasional

Pernah kenal dengan nama Prof Dr Ir Herman Johannes? ia, beliau dinobatkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Pahlawan Nasional pada 2009 lalu, Atas jasa-jasa yang beliau berikan untuk Bangsa dan Negara.




Siapa sangaka Prof Dr Ir Herman Johannes, ternyata pernah jadi peracik bom. Hal itu terjadi pada masa agresi militer Belanda pertama dan kedua. Ceritanya, Herman yang ahli fisika dan kimia pernah diminta oleh Letkol Soeharto sebagai Komandan Resimen XXII TNI yang membawahi daerah Yogyakarta untuk  memasang bom di jembatan kereta api Sungai Progo. Karena menguasai teori jembatan, Johannes bisa membantu pasukan Resimen XXII mengebom jembatan tersebut. Herman juga ikut serta dalam Serangan Umum 1 Maret 1949 yang terkenal, yakni serangan kilat yang menyerbu Kota Yogyakarta di pagi buta dan bisa menduduki ibu kota Republik selama enam jam.

Demikian Pembahasan tentang peracik bom asal NTT, yang membatu negara dalam perang melawan Belanda, bukan menyalah gunakan keahlian yang dimiliki untuk aksi teror seperti para peracik bom saat ini.

No comments:

Post a Comment